Museum Dirgantara di Yogyakarta

ready to take off

ready to take off

Pastinya jarang banget ada orang yang milih museum sebagai tempat untuk rekreasi. Gambaran museum yang bau pengap, terkesan horor, dan ngebosenin pasti menari-nari di benak kita..eh gue sih sebenernya. Pernah sih waktu SD ke museum…err…apa ya? Pokoknya yang tempat perumusan naskah proklamasi itu dech, lupa namanya. Trus pas SMP ke museum gajah, tapi yang ada gue ketakutan karna “hawa”nya gak enak..”Hawa” barang kuno kali yee.. Anyway, kunjungan2 museum itukan gue lakuin n ikutin krn program wajib dari sekolah, naaaah…kalo yang beneran secara sukarela ke museum untuk bener2 nyimak ada apa aja didalemnya paling pas liputan doang…Hehehe…

Waktu DLK ke Yogya, liputan GM OTW sama jeng Eno ke Museum Dirgantara tempat bersemayamnya pesawat2 legendaris punya AURI. Secara itu pertamakalinya gue ke museum lagi, waktu diterangin soal sejarah pesawat ini-pesawat itu gue cuma bisa manggut2 doang gak ngerti, hehehe maap ya pak. Masuk ke dalem, nyampe di semacam hanggar (museum ini dulunya pabrik gula punya kompeni!) n gue pun termangap2..Gile, pesawatnya banyak banget..Keren2! Ada pesawat yang bagian depannya dicat gigi2an (pesawat Mustang), ada pesawat pengebom, plus..Yang paling bersejarah ada pesawat Dakota VT-CLA yang ditembak jatoh ma Belanda. Wuih! Trus ada juga pesawat kepresidenan yg dl dipake ama Pak Soekarno. Wow!

pesawat kepresidenan pertama
pesawat kepresidenan pertama

Tapi yang paling keren adalah…*Jreng-Jreng!!* Helikopter pertama buatan orang Indonesia asli! Bentuknya kayak capung, cuma muat dua orang n gada jendela sampingnya. Dan dulu Ibu Negara pertama kita naikin heli itu pake kebaya lengkap dengan kondenya! Luar biasa! Sayangnya ni helikopter ga sempet gue poto karna request stock shot eno banyak sekali..Hiks-hiks-hiks..

Dateng kesana, walopun karna liputan, sedikit banyak ngebikin gue serasa anak2 lagi. Amazed sama pesawat2nya n konsen ngedengerin sejarah dibalik tiap pesawat. Tapi yang paling menyenangkan adalah sesi poto2! Hehehe, teteup! Jadii…pihak museum nyediain fasilitas bwat para pengunjung untuk poto2 di depan pesawat2 ituh lengkap dengan seragam pilot AURI…Tapi kalo gue milih make pakean pilot tempur AS karna lebih keren, hehehe…Bajunya gede, ribet n berat. Ditambah lagi pake tas parasut kosong yang beratnya 5 kilo! Gila, gue aja jalannya udah diseret gimana kalo pake parasut beneran..Pilih sana-pilih sini, akhirnya gue poto2 di depan pesawat bergigi “Mustang”, cihuy!! *berasa casting buat pelem Perwira Satria yang jaman baheula itu deh, hihihi*

didepan Mustang
didepan Mustang
pilot gendhenk
pilot gendhenk
Meskipun baju pilotnya berat n ribet, ditambah sempet deg2an juga karena disuruh manjat badan pesawat (yang mana besinya pada ber’nyanyi’ kena karat) at least I had quite a fun. Berterimakasih buat bpk2 dari museum AURI yang sabar banget nemenin n ngejamu gue & eno slama liputan, sekaligus mbolehin qta berdua poto2 sepuas mungkin. Berkat ajang narsis tersebut, liputan jadi tambah menyenangkan dan poto diri pun makin banyak! Nyahahahaha!!!
“Kos is klir?”
“Pailet stenbai!”
“Redi tu tek op!!!!!”
WHOOOOSSSSSHHHHH………..!!!!!!!
~ by mildmilz on September 10, 2008.

2 Responses to “Museum Dirgantara di Yogyakarta”

  1. asik ni,

  2. orang gila lulusan dari rsj mana tuh…ikutan donk….he he he

Leave a Reply

 
